5.30.2009

what you have done to save the earth ?

global warming saudara-saudara.. pasti akhir-akhir ini udah pada ngerasain. pagi-pagi aja hawanya udah panas gimana gitu. kalopun ada angin, rasanya masih gerah aja. sweater gw pun udah jarang kepake, kecuali pas ujan..
sebenernya gw mau banget bangetan ikut greenpeace, wwf, walhi etc lah. tapi biasa nya kan yang ikut kaya gitu ada donatur nya tuh, nah gw ga punya uang.. kalo pun gw minta sama nyokap pasti dia jawabnya 'ah, buat apa si ? emang duit ibu lebihnya banyak ?' iya juga si ya..

tanya gw 'emang apa mec yang lo lakuin buat bumi?'

gw udah :
  • gw hemat kertas, ya otomatis gw hemat pohon. kalo lo ngeprint tugas yang ternyata lo copas dari wikipedia (ya ya ya, itu gueeeee) dan ada salah nya, cuman 1 kalimat lah, gw bakal pake tip ex atau label untuk ngoreksi. gw ga akan ngeprint ulang. hemat kertas, hemat tinta, hemat duit kan ?
  • gw jarang banget belanja pake PLASTIK, plastik di daur ulang bisa ratusan tahun. lo mau anak lo hidup dikelilingi plastik ? gw si ogah hahahaahahah. jadi kalo lo beli minum atau makanan di alfa atau tempat lain, selama masih bisa dipegang atau ditaro ke dalam tas, kenapa harus terima plastik ? kasih aja lagi ke mba nya..
  • remember, A PAPER BAG = PLASTIC, 'hah ? bukan nya kertas cepet di daur ulang ?' cepet sih cepet, tapi kantong kertas butuh pohon kan ? berarti byk pohon yang ditebang juga dong yaaaaaa.. yang paling bagus sih kalo belanja bawa tas lipet yang bisa dipake berulang ulang. ga repot kok
  • gw meminimalisir penggunaan sedotan dan membawa minum dari rumah, ya sedotan kan dari plastik, single use alias sekali pake buangggg.. plastik dari sedotan mau dikemanain ? masa iya dicuci lagi ? kan pasti jadi sampah plastik. gw selalu bawa minum dari rumah jadi jarang beli air kemasan. paling kalo di sekolah beli aqua gelas 2 dan cuman ambil 1 sedotan atau minjem sedotan temen buat ngebolongin aqua yang akhirnya gw refill ke botol gw..
  • naik kendaraan umum, ahahah ini mah emang gw nya aja yang gada tebengan. hahah, ga ga. maksud nya itu kan kalo kendaraan umum buang gas nya sama kaya naik mobil pribadi tapi mobil pribadi mentok bawa 8 orang lah kalo ancot bisa bawa (4+6+2+2+1) 15 orang wowwwww -lebay- yahhh, lebih baik lagi sih kalo jalan kaki hahha
  • mencabut semua listrik kalo lagi ga dipake, nyabut charger an sampe ke saklar nya karena listrik terus kepake walaupun hp nya ga di charger. pokoknya selama saklar nempel dengan alat elektronik dan selama ada lampu yang nyala berarti listrik tetap jalan..
  • pakai LCD atau laptop daripada layar tabung, jelas lebih hemat energi.
  • pasang timer di AC
  • gw sangat mengurangi pemakaian botol semprot, botol semprot (parfum, pengharum ruangan) kadang ada CFC, bisa merusak lapisan ozon
  • beli pulsa elektrik, jangan voucher.
tapi yaaaaa namanya manusia, ada aja yang tetep ga bisa gw tinggalin yaitu :
  • i'm still eat a frozen food and ice, yaaa buang-buang energi lah. pertama lo susah-susah mendinginkan makanan tapi entar nya lo panasin lagi. tapi walaupun makanan nya ga sehat gw tetep aja makan itu. heu
  • gw suka nyalahin lampu waktu siang hari, ga tau kenapa gw ga suka gelap sedikitpun..
  • gw suka menerima brosur, kadang gw mikir kenapa ga dibaca ditempat aja, kalopun di bawa kerumah paling di baca sebentar trus di buang.. sayang kan kertas nya
yaaaaa jadi mulai sekarang mending kita jaga bumi kita, before it getting more HOT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar